Pembicara Webinar Terkenal. Siapakah gerangan orangnya? Menjadi pembicara webinar kewirausahaan? Siapa takut. Pada zaman serba digital seperti saat ini, pelatihan atau seminar banyak tersajikan secara online. Apalagi pandemi yang menyerang seluruh dunia, membuat acara tatap muka secara langsung menjadi ada batasan. Tidak heran jika kemudian pelatihan atau seminar beralih ke virtual meeting atau virtual learning menggunakan teknologi video conference. Lalu, apakah sama menjadi pembicara di webinar dengan pelatihan langsung yang face to face?
Menjadi pembicara webinar terkenal di bidang kewirausahaan memang bukan perkara mudah. Kita harus memiliki keahlian di bidang wirausaha. Misalnya saja ahli dalam mendampingi UMKM, perpengalaman di bidang bisnis, atau investasi, mengelola sebuah perusahaan, dan masih banyak lagi.
Untuk menjadi pembicara webinar terkenal harus memiliki modal yang kuat. Baik secara akademisi, pengamat, atau pengalaman terjun langsung adalah rujukan utama.
Tips menjadi pembicara webinar terkenal di bidang wirausaha #1
1. Memiliki Keahlian Khusus
Untuk menjadi pembicara webinar terkenal tentu membutuhkan keahlian khusus. Keahlian ini bisa berupa pengalaman akademisi atau pengalaman praktisi. Terkait dengan bidang kewirausahaan, maka jika ia adalah ahli di bidang akademisi, berarti harus sudah pernah sekolah di bidang wirausaha atau bisnis. Seorang pembicara harus menguasai teori dan cara kerjanya. Berdasarkan keilmuannya itulah ia mampu menjadi pengamat dan ahli di bidang tersebut.
Sedangkan pengalaman praktisi, biasanya menjadi keunggulan dari seseorang yang memang bergelut di bidang tersebut. Contohnya saja seorang yang pernah membuka usaha dari nol hingga sukses. Atau sudah memiliki pengalaman membuka banyak usaha lebih dari 20 tahun. Jadi sudah tahu dinamika dunia kewirausahaan dari luar hingga dalam. Pengalaman langsung tersebut biasanya akan membuat orang tertarik mendengarkan kisahnya. Pasalnya, orang tersebut memiliki banyak pengalaman langsung saat menjalankan bisnis. Jadi bagaimana saat memulai, saat terpuruk, stagnan, kemudian mencari jalan keluar, dan akhirnya bisa bertahan kemudian sukses.
2. Memiliki Media Untuk Memperkenalkan Diri
zaman modern seperti saat ini, semua orang butuh media untuk bisa mengenalkan diri sendiri. Apalagi jika tujuannya untuk menjadi pembicara webinar terkenal. Sebut saja media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan masih banyak lagi.
Gunakan media sosial tersebut untuk memperlihatkan kemampuan kita di bidang wirausaha. Bagikan banyak ilmu, tips bermanfaat, atau hasil analisis yang telah kita lakukan. Orang akan mulai mengenal kita melalui kampanye branding media sosial tersebut.
Tips menjadi pembicara webinar terkenal di bidang wirausaha #2
3. Terbiasa Berbicara di Depan Umum
Syarat menjadi pembicara terkenal adalah harus terbiasa berbicara di depan umum. Harus tahu bagaimana menyusun materi, cara menyampaikan materi, gesture tubuh, menguasai audience, dan masih banyak lagi.
4. Perluas Jaringan
Memiliki jaringan pertemanan yang luas juga akan menunjang tujuan menjadi pembicara webinar terkenal semakin mulus. Buat branding diri sendiri dulu sebelum memperkenalkan diri di luar. Hal ini bertujuan untuk membangun citra diri sendiri di mata orang lain sesuai dengan harapan kita.
Misalnya saja Anda seorang pengamat dan pelaku wirausaha. Jadi, jika Anda ingin kondang sebagai orang yang perpengalaman di bidang kewirausahaan UMKM. Maka kenalkan diri Anda sebagai orang yang memang tidak hanya pelaku namun juga ahli bidang kewirausahaan.
Pembicara Webinar Kewirausahaan Terkenal
Untuk menjadi pembicara webinar kewirausahaan memang gampang-gampang susah. Jika Anda terbiasa menjadi pembicara dalam acara yang formatnya adalah face to face atau tatap mua, itu artinya Anda sudah memiliki modal dasar. Hanya saja, dalam webinar, Anda harus menguasai teknologi yang digunakan sebagai sarana untuk melaksanakan seminar atau pelatihannya. Apa saja yang biasa digunakan dalam acara webinar? Ada banyak, mulai dari zoom, google meet, Join.Me, CyberLink U Meeting, GoTo Meeting, dan masih banyak lagi.
Selain itu, Anda juga harus menyediakan dan menguasai peralatan lainnya. Misalnya saja PC atau ponsel yang memadai, speaker, microphone, pencahayaan yang bagus, webcam, dan masih banyak lagi.
Dalam webinar ada baiknya sebelum acara berlangsung, lakukan gladi resik. Tujuannya untuk memastikan aplikasi yang digunakan bisa dijalankan dengan baik.
Fee Pembicara Webinar
Lalu, bagaimana dengan fee pembicara webinar kewirausahaan? Apakah setiap pembicara webinar memperoleh fee? Apalagi jika webinarnya dilakukan secara gratis. Fee pembicara webinar, khususnya kewirausahaan memang berbeda-beda. Lalu apa dasar pemberian fee untuk pembicara webinar ini?
1. Gelar yang Dimiliki Pembicara
Fee pembicara bisa merujuk pada gelar yang dimiliki seseorang. Misalnya saja mulai dari S1, S2, atau setingkat profesor.
2. Taraf Webinarnya
Ada juga yang menentukan fee didasari oleh taraf atau level webinar yang dilaksanakan. Misalnya saja webinar kewirauhaan taraf nasional tentu berbeda fee jika menjadi pembicara pada webinar keiwrausahaan taraf internasional.
3. Pengalaman Pembicara
Fee pembicara selanjutnya juga bisa berdasarkan pengalaman sang pembicara dalam bidang tersebut. Jadi semakin berpengalaman di bidangnya, maka semakin mahal juga fee yang harus tersedia di kantong panitia.
4. Mengikuti Standar Tarif dari Pembicara
Saat ini sudah banyak pembicara webinar kewirausahaan yang mematok tarif sendiri. Hal ini akan lebih memudahkan panitia dalam memberikan fee. Pasalnya, sudah ada harga tetap yang terpatok resmi ketika mengisi acara pada webinar nantinya. Biasanya masalah tarif ini berurusan dengan sekretaris timnya sendiri.
Berapa Sih Honor atau Fee Trainier Webinar
Honor pembicara webinar terkenal tentu adalah wujud tanda terima kasih atas waktu, tenaga dan ilmunya menyampaikan materi untuk sebuah acara. Bagi pembicara pemula, akan menerima honor sebagai pengganti pulsa atau data internet. Namun, bagi pembicara senior di acara webinar yang dengan penyelenggaraan secara profesional, maka honornya pun sesuai dengan ilmu, pengalaman dan kepakaran sang pembicara. Biasanya honor tersebut berdasarkan pada jumlah jam, level webinar, tarif pembicara, dan sebagainya.
Termasuk ketika ada webinar kewirusahaan. Walau format acara secara gratis, namun pembicara biasanya tetap mendapat honor yang sesuai dengan perjanjian. Hal ini untuk menghargai jasa sang pembicara. Bahkan banyak pembicara webinar yang mendapatkan bayaran berdasarkan jumlah jam mengisi acara. Lalu, panitia sendiri mendapatkan dana untuk honor itu dari mana? Biasanya dana tersebut berasal dari perusahaan sponsor atau atau donatur lainnya.
Apakah Mereka Harus Dapat Sertifikat
Sertifikat pembicara webinar biasanya sudah tersedia oleh panitia. Sertifikat ini sangat berguna untuk pembicara. Pasalnya bisa menjadi portofolio atau bukti bahwa telah mengisi atau menjadi pembicara dalam sebuah acara. Sertifikat ini juga bisa untuk membuktikan bahwa seberapa sang pembicara sudah expert seorang pembicara. Jika sertifikatnya sudah banyak, maka bisa ia adalah pembicara yang memiliki jam terbang tinggi.
TOR Pembicara Webinar
Menjadi seorang pembicara harus memiliki TOR. Apa itu TOR? TOR merupakan kepanjangan dari Term of Reference. Ia, biasanya sudah tersedia di panitia kepada pembicara, 1 minggu sebelum acara terlaksana. TOR, oleh pembicara kemudian berfungsi sebagai batasan materi dalam webinar nanti. Hal ini diberikan kepada pembicara agar isi materinya sesuai dengan tema atau yang diinginkan panitia. Selain itu juga untuk memberi batasan jelas kepada pemateri satu dengan lainnya. Bahasa gampangnya, agar isi materi tidak sama antara pembicara satu dan lainnya.
Pembicara Webinar Gratis
Lalu, adalah pembicara webinar gratis? Tentu saja sangat banyak. Ada banyak orang expert di bidang kewirausahaan yang benar-benar hanya ingin berbagi ilmu tanpa mengharapkan imbalan. Hanya saja, untuk panitia pelaksana, biasanya malah bingung menghadapi pembicara yang demikian. Pasalnya, beberapa acara yang panitianya ingin memberikan honor secara profesional.
Pembicara webinar kewirausahaan gratis sangat cocok dimanfaatkan untuk acara yang memang tidak berbayar. Jadi sangat menguntungkan untuk banyak pihak.
Tentang Suryadin Laoddang
Suryadin Laoddang merupakan seorang konsultan dan trainer tim digital marketing. Salah satu materi yang sering dibawakan dan sangat diminati followernya adalah riset jualan online. Suryadin juga merupakan founder Kampus Dosen Jualan yang sudah meluluskan lebih dari 1.000 wirausahawan. Pengalamannya menjadi pembicara dan pendamping webinar sudah tidak meragukan lagi. Terakhir, bersama Bank Indonesia melakukan pelatihan dan pendampingan 600 UMKM dari seluruh Indonesia.