Riset Jualan Online, kali ini Admin Dosen Jualan mengajak Anda belajar tentang memilih target pasar di jualan online. Tulisan Admin rangkum dari Live Webinar Dosen Jualan dengan pemateri Bapak Suryadin Laoddang pada 10 Juni 2020. Live webinar kali ini akan membahas part keempat mengenai Materi Riset Jualan Online : Memilih Target Pasar di Jualan Online. Sebagai pembuka, Bapak Suryadin akan mengajak peserta webinar melakukan riset produk lebih baik di pasar lokal atau nasional. Bagi pemula dalam pemain online, pasti kebanyakan ingin segera memulai jualan online dan mendapat berkah atau keuntungan dari jualan online tersebut.

Tetapi sering muncul pertanyaan lebih baik bermain di pasar lokal atau nasional. Jika Anda memilih menggarap pasar nasional maka hal ini merupakan peluang yang bagus. Sebab pasar nasional memiliki jangkauan yang sangat luas dari berbagai wilayah. Namun pasar nasional juga memiliki kendala, seperti jasa pengiriman, jumlah hari pengiriman dan sebagainya. Selain itu, tingkat persaingan pasar nasional juga lebih besar. Sedangkan target pasar lokal cocoknya menjual produk-produk yang layak untuk konsumsi oleh orang-orang sekitar lingkungan Anda.

Lebih Enak Mana Menggarap Pasar Lokal Atau Nasional?

Menurut pembicara webinar kewirausahaan, Bapak Suryadin Laoddang, bagi Anda yang masih pemula dalam bisnis online sebaiknya langsung saja menggarap keduanya antara pasar lokal maupun nasional.

Pasar Lokal
Pasar lokal menjangkau pasar-pasar di sekitar Anda seperti desa, kecamatan hingga kota atau kabupaten. Kalau Anda bermain SEO atau optimasi kata kunci, maka ini jauh lebih mudah tingkat persaingannya. Tentu untuk menguasai halaman pertama google, berbeda jika Anda menggarap pasar nasional. Sebab pasar lokal memiliki jangkauan pasar lebih kecil dan persaingan yang tidak begitu besar.

Selain itu, pasar lokal tidak harus selalu mengandalkan SEO. Sebab Anda bisa memanfaatkan facebook marketplace, iklan berbayar, google map dan instagram untuk menjangkau target lokal. Sebagai Apabila Anda ingin menggarap pasar lokal menggunakan pendekatan SEO maka silahkan perhatikan beberapa hal berikut.

1. Pendekatan SEO

  • Gunakan kata kunci + lokasi (di belakang kata kunci).
    Formatnya : Buying keyword (jual, grosir, toko, dll)+ produk + lokasi
    Contoh : Jual celana kolor Piyungan.
  • b. Buying keyword + produk/jasa+lokasi+terdekat
    Contoh : Grosir frozen food Piyungan Terdekat.
    Jasa service AC Piyungan Terdekat.
    Kata “Terdekat” bisa berganti dengan “Paling Dekat”.
  • c. Buying keyword + jasa/produk+lokasi
    Contoh : Jasa pasang galvalum di Piyungan.

Bagi Anda yang menggarap pasar lokal di Pulau Jawa yang identik dengan masyarakatnya yang padat, sebaiknya lokasinya menggunakan nama desa, kecamatan maupun kota/kabupaten. Selain itu, sebaiknya pilih target lokasi yang familiar bagi kebanyakan orang supaya lebih mudah nongol pada halaman pencarian Google nantinya. Sedangkan bagi target pasar di luar Pulau Jawa, sebaiknya gunakan target lokasi kecamatan atau kota/Kabupaten.

Kelebihan dari bermain di pasar lokal yaitu masyarakatnya lebih aware untuk belanja karena mereka bisa lebih mudah menemukan alamat Anda dan memungkinkan terjadinya transaksi COD. Tetapi kekurangan menggarap pasar lokal yaitu pasarnya lebih sempit dan cocoknya menjual produk tertentu seperti kuliner.

2. Pendekatan Sosmed

a. Google Map
Buatlah titik google map yang mengarahkan titiknya pada tempat Anda. Selain itu pastikan nama titik google map Anda jumlah lebih dari sata titik untuk satu alamat, yang terdiri dari nama toko Anda dan nama produk yang Anda jual. Contohnya, Wafa Frozen Food, Grosir Ayam Ungkep Piyungan Bantul Yogyakarta, dan Jual Ayam Frozen, Jual Ayam Bandung, Jual Ayam Kalasan. Melalui Google Map, Anda juga bisa menulis postingan yang membantu Anda memaksimalkan google map. Anda juga bisa memakai kata “terdekat” untuk memberikan nama pada produk Anda agar lebih mudah ditemukan di sekitar Anda.

Anda bisa memasang titik Google Map bisnis di berbagai provinsi maupun kabupaten/kota agar lebih banyak menjaring calon konsumen, meskipun lokasi Anda berada di satu wilayah saja. Jika ada konsumen yang bertanya tentang produk tersebut namun lokasinya jauh dari pusat produk Anda, sebaiknya berikan penjelasan bahwa untuk sementara produk tersebut berpusat di satu wilayah tetapi bisa melayani pengiriman ke berbagai provinsi di Indonesia. Jelaskan juga bahwa Anda sedang mencari agen untuk wilayah lain dan sudah mempersiapkan media promosi maupun gudang untuk penyimpanan produk. Melalui penjelasan tersebut, Anda bisa memperoleh konsumen sekaligus agen baru untuk wilayah lain.

Untuk memaksimalkan Google Map, sebaiknya lebih aktif sebagai reviewer akun google map orang lain. Sehingga Anda juga akan dianggap sebagai teman dari akun google map lainnya. Semakin banyak kontribusi yang Anda berikan melalui google map maka dapat berdampak pada image yang bagus untuk akun Anda di mata google. Hasil kontribusi tersebut tersajikan dalam bentuk poin dan google guide dalam bentuk level. Sehingga titik google map yang Anda buat akan lebih mudah mendapat persetujuan google.

Bagi pemula sebaiknya bisa menggunakan 1 nomor handphone atau satu email untuk membuat 1-2 titik saja untuk bermain aman. Untuk pemain lama di google map, bisa membuat lebih dari 30 titik untuk 1 email atau 1 nomor handphone. Caranya dengan menjadi reviewer yang bagus dengan sering memberikan review di google map.

b. Marketplace Facebook.
Gunakan marketplace facebook untuk memaksimalkan penjualan dengan target lokal. Jika Anda bermain marketplace di facebook, pada bagian lokasi silahkan isi dengan lokas bisnis serta lokasi target market Anda.

Riset Jualan Online Terlaris untuk Pasar Nasional

Mari kita lanjutkan artikel ini dengan materi Riset Jualan Online untuk pasar Nasional

Pasar Nasional
1. Pendekatan SEO
Pendekatan SEO bisa dilakukan dengan menggunakan web, blog dan Youtube.
Format : buying keyword + produk + Provinsinya
buying keyword + produk + Kabupaten/Kotanya
buying keyword + produk + Kecamatannya

Contoh :
– Jual Keris Pusaka Jawa Tengah
– Dimaharkan Keris Pusaka Kudus Jawa Tengah
– Dilego Pusaka Mayong Kudus Jawa Tengah
Selanjutnya kembangkan judul tersebut menjadi artikel yang mengandung kata kunci. Namun tidak mudah untuk membuat artikel dengan pendekatan SEO sehingga Anda perlu menggunakan jasa penulis artikel.

2. Iklan Berbayar
Nah, untuk iklan yang berbayar membutuhkan biaya dan modal di awal namun lebih mudah dan Anda tidak perlu membuang banyak waktu. Iklan berbayar biasanya berjalan selama budget Anda masih ada. Jika modal iklan tidak ada maka iklan tersebut tidak dapat dipromosikan.

3. Akun Organik
Iklan organik tidak membutuhkan biaya besar tetapi Anda harus meluangkan lebih banyak waktu dan energi untuk menggarap akun organik. Namun iklan organik biasanya lebih tahan lama dibandingkan iklan berbayar.
Format : Teman FB, Liker FP, Follower IG harus tertarget.

Jangan Lupa Praktek

Jika Anda ingin bermain di pasar nasional, maka Anda harus siap bersaing dengan para pelaku bisnis dari seluruh Indonesia. Untuk hasil yang lebih optimal, sebaiknya garaplah target market lokal dan nasional. Bagi pemula bisa belajar mengenai pendekatan-pendekatan yang perlu dilakukan baik untuk target pasar lokal maupun nasional. Dengan menguasai masing-masing pendekatan, maka promosi bisnis Anda akan berjalan maksimal sehingga memungkinkan transaksi penjualan produk yang semakin meningkat. Semoga rangkuman tulisan saya ini bermanfaat dari teman-teman semua terutama para pemula dalam dunia bisnis online. Dapat salam dari Konsultan Pemasaran Online, Dosen Jualan. Jangan lupa praktek katanya.