Pembicara Webinar Kewirausahaan. Salah satu profesi yang lagi naik daun di masa Pandemi saat ini. Baik saat berlakunya masa PSBB maupun masa PPKM. Webinar sendiri merupakan sebuah format acara baru yang berlangsung secara online. Format tersebut membuat banyak orang bisa memanfaatkannya. Tidak hanya sebagai ajang berbagi ilmu, namun juga strategi marketing terbaru dari sebuah perusahaan. Tidak heran jika webinar kemudian tidak hanya di lirik oleh para akademisi, namun juga perusahaan. Webinar sendiri hadir untuk menjawab kemajuan jaman yang serba digital. Bagaimana orang tanpa memerlukan mobilitas tinggi, bisa memperoleh banyak hal.

Untuk sebuah perusahaan, webinar memiliki banyak manfaat.

  • Mampu meningkatkan brand.
  • Menarik calon pelanggan.
  • Membuktikan keunggulannya.
  • Lebih hemat waktu dan biaya promosi.
  • Sebagai sarana untuk menjaring calon pelanggan.

Salah satu tema webinar yang sedang naik daun adalah kewirausahaan. Dunia bisnis selalu identik dengan kata ‘keras’, persaingannya cenderung ketat kadang menuju kasar. Namun ingat, dengan strategi yang tepat, ide yang kreatif, inovasi, marketing yang andal maka akan mampu memenangkan persaingan. Generasi milenial saat ini harus mau untuk lebih mandiri. Tidak hanya itu, membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain juga menjadi salah satu tujuannya. Oleh karena itu, kreatif dan inovatif adalah patokan mutlak.

Mengikuti webinar adalah solusi terbaik menghadapi permasalahan tersebut. Dalam sebuah webinar kewirausahaan, akan banyak beredar ilmu dasar, ilmu pengembangan, ide baru, jalan keluar dari sebuah masalah, atau keberanian untuk mencoba membuka sebuah usaha. Hanya saja tidak semua webinar kewirausahaan mampu menjawab itu semua. Perlu selektif dalam memilih webinar yang tepat. Tujuannya supaya tidak buang-buang waktu.

Begitu pula dengan tim penyelenggara webinar. Harus mampu memfasilitasi kebutuhan audience. Selain itu juga harus tahu bagaimana tipe audience yang hadir dalam forum nantinya. Oleh karena itu, dalam sebuah webinar harus selalu diadakan sesi tanya-jawab atau daftar absensi untuk mengetahui kebutuhan tersebut.

Suryadin Laoddang, Pembicara Webinar Terkenal

Salah satu cara untuk bisa sukses melaksanakan webinar adalah mendatangkan pembicara webinar terkenal. Apalagi jika dalam hal kewirausahaan. Karena issue ini sedang naik daun. Mendatangkan pembicara terkenal dan expert pada bidangnya akan menjadikan webinar kewirausahaan lebih menarik. Pasalnya, pembicara sendiri mampu menjadi daya tarik peserta. Beberapa fans akan langsung mengikuti acara webinar tersebut. Sisa peserta bisa terjaring dari promosi panitia. Intinya, pembicara bisa menjadi magnet untuk menarik peserta yang efektif.

Lalu bagaimana jika tidak bisa menghadirkan pembicara webinar kewirausahaan  yang terkenal? Tidak masalah, sama halnya saat mengundang Pembicara Seminar Entrepreneur yang belum terkenal, maka panitia penyelenggar butuh totalitas mengangkat dan menyematkan pengalaman paling luar biasa sang pembicara di poster yang akan digunakan untuk promosi. Biasanya, walaupun tidak mengenal pembicaranya, namun jika melihat portofolionya cukup lengkap, akan bisa jadi daya tarik sendiri.

Suryadin Laoddang merupakan Founder Kampus Dosen Jualan. Suryadin juga merupakan seorang konsultan dan trainer tim digital marketing. Pengalamannya menjadi pembicara dan pendamping webinar sudah tidak diragukan lagi. Terakhir, bersama Bank Indonesia melakukan pelatihan dan pendampingan 600 UMKM dari seluruh Indonesia.

Untuk memilih pembicara webinar kewirausahaan agar tidak salah, yuk simak tips berikut ini.

1. Memiliki Keahlian di Bidang Wirausaha yang Mumpuni

Keahlian di bidang wirausaha sangat dibutuhkan untuk menjadi pembicara yang sukses. Jika perlu, tidak hanya menguasai teori saja, namun juga memiliki pengalaman di bidang tersebut.

2. Memiliki Jam Terbang Tinggi sebagai Pembicara

Pembicara webinar yang memiliki jam terbang tinggi biasanya sangat profesional. Tidak hanya di bidang ilmu yang akan dibagikan, namun juga cara menguasai audience sangat baik.

3. Pembawaannya Profesional dan Bisa Menguasai Audience

Memilih pembicara yang profesional juga harus dimasukkan dalam list. Pilih pembicara webinar yang bisa profesional dalam menyampaikan materi, mampu menguasai panggung dan audience. Orang yang mampu menguasai panggung dan audience akan jadi pembicara yang asyik dan menarik.

Pembicara Webinar Kewirausahaan Terkenal

Untuk seorang Pembicara Webinar Kewirausahaan, biasanya ketika mendapat undangan webinar. Mereka akan berhadapan dengan bebarapa format webinar. Apa saja itu?

1. Diskusi Panel

Format ini adalah format yang selama ini banyak digunakan. Menghadirkan beberapa orang. Satu sebagai moderator, dan beberapa pembicara. Jadi audience akan mendapatkan materi dari berbagai sudut pandang.

2. Pembicara Tunggal

Dalam webinar yang mengusung satu pembicara berarti menampilkan satu sudut pandang saja. Pasalnya, orang yang memandu acara, pengisi materi hanya satu orang saja.

3. Wawancara

Format webinar ini akan menghadirkan 2 orang. Satu sebagai pewawancara dan satu lagi sebagai pemateri. Tugas pewawancara adalah memandu acara berlangsung. Sedangkan pembicara, menyampaikan materi dan menjawab pertanyaan audience.

Lalu, bagaimana panitia harus menentukan fee untuk pembicara webinar tekenal? Fee biasanya diberikan sebagai balas jasa yang telah diberikan. Sama dengan pembicara webinar, biasanya setelah acara selesai akan diberikan fee. Mulai dari hanya sebagai pengganti pulsa atau data internet, hingga dibayar per jam secara profesional.

Namun, tidak sedikit juga pembicara webinar terkenal yang sudah mematok tarifnya sendiri-sendiri. Biasanya berdasarkan pengalaman menjadi pembicara, level keahliannya, title, pengalamannya, dan seberapa populernya. Selain itu jenis webinar yang diselenggarakan juga mempengaruhi pemberian fee. Untuk webinar bertaraf internasional dan nasional pasti berbeda. Kemudian juga untuk webinar berbayar dan gratis pasti juga mempengaruhi fee untuk pembicara. Fee tidak harus berupa uang, tapi bisa juga dengan sistem barter promosi, pembicara dapat efek branding atau exposur, panitia dapat fee gratis untuk pembicara, sementara peserta mendapatkan ilmu gratis. Namun ada juga yang disertai dengan perjanjian, bayar pembicara Gratis saja, tapi peserta minimal 1.000 orang dan harus sharing data peserta harus ke pembicara.

Honor Pembicara yang Diundang, apakah bisa Gratis

Honor antara pembicara satu dengan lainnya tidak sama. Tergantung dari panitia pelaksana. Jika seorang pembicara sudah memiliki tarif khusus, maka tentu butuh penyesuian. Dalam sebuah webinar, pembicara maupun peserta sebenarnya memiliki keuntungan sama. Keduanya tidak memerlukan alat transportasi untuk menghadiri acara tersebut. Cukup dengan laptop, PC, atau ponsel yang terhubung pada internet. Jadi lebih hemat. Demikian juga dengan penyelenggara acara. Mereka juga bisa menghemat biaya tempat dan fee transportasi untuk pembicara.

Beberapa pembicara Webinar, seperti Suryadin Laoddang sudah memiliki standart harga sendiri. Biasanya langsung terlampir dalam surat jawaban kesediaan menjadi pembicara, yang dikirim ke panitia penyelenggara sebagai balasan atas surat permintaan menjadi pembicara dalam sebuah acara. Adapun tarif yang ditetapkan oleh manajemen Dosen Jualan Group untuk Rate Card Dosen Jualan adalah sebagai berikut :

A. Seminar
Durasi 3-4 Jam / event
Tarif 7 Juta / event.

B. Workshop
Durasi 8-10 Jam / hari, selama 2 hari
Tarif 15 Juta / hari

C. In House Training
Durasi 8-10 Jam / hari, selama 2 hari
Tarif 20 Juta / hari

Belum termasuk, transportasi dan hotel

D. Live Streaming / Seminar Online
Per 1,5 Jam / 90 menit, 2 Juta.
Lebih dari 90 menit, tambahan 500rb per 30 menit.

Sertifikat dan TOR Pembicara Untuk Webinar

Apakah seorang pembicara webinar membutuhkan sertifikat? Pembicara webinar atau public speaker membutuhkan sebuah sertifikat. Selain sertifikat keahlian public speaker, sertifikat dari pihak penyelenggara acara bagi pemateri juga akan sangat berguna. Sertifikat ini merupakan bukti bahwa ia pernah mengisi acara sebagai pembicara. Selain itu juga berguna sebagai portofolio bagi pembicara.

Seberapa penting TOR atau term of Reference untuk pembicara webinar kewirausahaan? TOR berfungksi untuk memberikan kisi-kisi jelas materi yang harus tersamapaikan saat pembicara sharing dalam acara webinar.

Tujuannya supaya pemateri atau pembicara bisa menyampaikan materi sesuai permintaan panitia. Juga memberikan batasan-batasan supaya pembahasan materi tidak timpang tindih dengan pembicara lain.

Sedangkan TOR bagi pembicara menunjukkan seberapa serius persiapan webinar tersebut. Jika panitia sudah menyiapkan TOR untuk materi acara, itu artinya panitia lebih siap, serius dan profesional.

Jika pelaksanaan webinar mengalami hambatan soal pendanaan, bisa mencari pembicara webinar gratis. Memang ada ya pembicara webinar yang tidak meminta fee? Tentu saja ada banyak. Tidak sedikit seorang ahli bidang kewirausahaan yang menolak saat mendapatkan fee saat mengisi webinar. Tujuannya sang pembicara hanya ingin membagikan pengalaman dan ilmu kepada semua orang. Namun, sebaiknya untuk pembicara gratis, gunakan pada webinar yang tujuannya untuk kegiatan sosial. Jadi peserta tidak membayar dan hanya untuk memfasilitasi ruang obrolan saja.