Cara Jualan Frozen Food Online. Tulisan ini merupakan rangkuman dari Live Webinar Dosen Jualan pada 15 Juni 2020. Semua guru bisnis sepakat bahwa makanan beku semi instan merupakan bisnis yang paling aman dan langgeng model bisnisnya saat masa pandemi seperti tahun 2020 ini. Uniknya, pada musim pandemi saat ini banyak pelaku bisnis frozen food dan sambel yang ternyata dahulu adalah penjual makanan di warung maupun pasar. Bahkan banyak pula pelaku bisnis buku yang juga beralih berjualan frozen food. Video livenya bisa Anda lihat disini https://www.youtube.com/watch?v=Ba_PBhbU1K0

Bisnis frozen food sebaiknya pasarkan secara online agar bisnis tersebut menjangkau lebih banyak konsumen terutama skala lokal. Hindari memaksakan untuk berjualan di pasar nasional karena memiliki lebih banyak kendala. Bagaimana cara memasarkan frozen food dan sambal untuk pasar lokal menggunakan FB Organik? Bapak Suryadin dan Dosen Jualan akan mengupas tuntas cara-cara untuk Anda.

Cara Jualan Frozen Food Online di O’Chicken

Sebagai pembuka live webinar, Bapak Suryadin mengundang narasumber tambahan yaitu Bunda Redia. Beliau merupakan sosok pengusaha perempuan sukses yang akan berbagi kisah sukses bisnis Beliau dalam live webinar kali ini. Bunda Redia pernah bekerja di PT. Freeport sebagai bagian hubungan pemerintah selama dua tahun. Kemudian beliau memutuskan untuk berbisnis ayam organik O’Chicken. Ayam tersebut mengunakan pakan dan ramuan herbal yang terpelihara secara organik dengan benih ayam broiler biasa.

Uniknya ayam-ayam tersebut saat di kandang pemeliharaan selalu terkondisikan mendengar murrotal Al Quran agar ayam-ayam kecil tersebut tidak gampang kagetan dan tidak mudah mati. Dengan metode tersebut maka ayam-ayam tersebut ternyata lebih nurut dan hasilnya lebih memuaskan sehingga menjadi salah satu SOP di kandang bisnis Bunda Redia. Dalam menjalankan bisnisnya, Bunda Redia berupaya selalu menjaga kualitas ayam dan cara menyembelihnya sesuai ajaran Islam.

Mulanya bisnis O’Chicken merupakan bisnis peternakan yang dilatarbelakangi keinginan bunda Redia untuk menyediakan ayam yang sehat untuk putra-putrinya. Semua ayam-ayam hasil peternakan organik tersebut sukses terjual kepada mitra-mitra. Namun lama kelamaan justru banyak mitra yang hilang tanpa kabar, tidak membayar dan berbagai masalah lainnya. Akhrinya ayam-ayam tersebut diputuskan untuk dimasak di restoran yang khusus menjual ayam-ayam organik. Jumlah restoran yang berhasil berdiri sebanyak 5 buah namun semuanya harus tutup.

Tak berhenti sampai disitu, Bunda Redia terus belajar dari kegagalan pernah terjadi, hingga akhirnya beliau membuat perusahaan yang mensuplai ayam-ayam organik dari peternakan sendiri. Hingga akhirnya munculnya outlet-outlet O’Chicken yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan jumlah puluhan outlet. Masa pandemi saat ini menyebabkan 70% omset O’Chicken turun drastis. Namun masih ada sebagian outlet yang masih buka dan terus bertahan di tengah pandemi.

Cara Jualan Pakai Facebook Organik, seperti Frozen Food

Untuk mengatasi masa pandemi, O Chicken memberlakukan sistem bergilir untuk para karyawan, mereka bekerja satu shift dengan gaji yang berkurang agar tidak menimbulkan pemberhentian karyawan. Ketika bulan Ramadhan kemarin, ada perekruta keagenan untuk menjual ayam organik saja berupa ayam frozen mentah. Apalagi penjualan ayam mentah tidak membutuhkan izin khusus. Ayam frozen lebih aman dibandingkan ayam yang dijual di pasar lebih dari 6 jam. Sebab ayam frozen setelah disembeli langsung diproses dan dikemas secara aman dan higienis. Memulai bisnis frozen food harus bermodalkan freezer dengan biaya listrik perbulan untuk freezer 100 watt sekitar minimal 50 ribu – 60 ribu rupiah perbulan. Bagi Anda yang ingin bergabung menjadi distributor O’Chicken dengan paket 50 juta rupiah bisa menghubungi 0811 9316363.

Facebook organik adalah media yang paling banyak user-nya adalah orang-orang pengguna media sosial berusia 30 tahun ke atas yang rata-rata sudah memiliki daya beli. Secara lebih jelasnya, Facebook organik merupakan penggunaan facebok yang sehari-hari Anda pakai. Sedangkan facebook non organik adalah facebook yang selama ini Anda kenali facebook ads dan lain sebagainya. Ketika Anda ingin berjualan di Facebook organik maka ada beberapa mindset dasar yang harus Anda pegang, yaitu :

  1. Istiqomah, tumaninah praktek dengan memilih waktu yang sama dan rutin untuk bermain facebook.
  2. Bermain facebook di jam yang sama dapat membangun lingkaran audiens.
  3. Rajin update status, ganti foto DP dan ganti foto sampul.
  4. Aktif di grup facebook berbasis lokal, Fanpage dan Watch FB.
  5. Banyak konten foto.
  6. Banyak konten Caption.
  7. Tidak jualan melulu, edukasi, interaksi dan impresi.
  8. Kuat dan tepat di riset dengan mencatat jumlah like, share dan komen saat Anda membuat status di facebook.
  9. Fast respon membalas komentar pengguna facebook lainnya.

Perbaiki Profil Facebook Anda

Setelah mindeset dasar sudah Anda perbaiki, maka Anda perlu memperbaiki intro dan bio akun facebook Anda.
Jangan sampai facebook Anda terlalu polos dan tidak Anda percantik dalamnya. Apa saja yang harus di utak-atik dalam facebook? Yaitu bagian Bio akun facebook Anda selengkap mungkin. Pengisian Bio tersebut bukan hanya iseng-iseng semata tetapi merupakan bagian dari tujuan bisnis.

Agar maksimal cara jualan frozen food online, Bapak Suryadin mencontohkan Bio facebook miliknya yang sering berganti dalam beberapa waktu terutama untuk lokasi yang pernah Anda kunjungi. Sebab target market beliau merupakan pengguna facebook lokal sehingga pengaturan bio facebook tempat yang pernah dikunjungi bisa disesuaikan dengan lokasi sasaran market Anda. Pasanglah foto unggulan sebaik dan semenarik mungkin dan sering berganti.

Berikutnya Anda juga harus memperbaiki informasi-informasi tentang diri Anda atau about selengkap mungkin sesuai dengan target market Anda. Contohnya isikan pekerjaan dengan O’chicken Malang dan jabatannya pelanggan, lalu simpan dengan memilih menu publish agar bisa terlihat oleh semua pengguna facebook. Tujuan dari pengaturan tersebut agar facebook merekomendasikan Anda menjadi teman dari orang-orang yang mengikuti facebook O’chicken.

Lalu seperti apa seharusnya update dari status facebook tersebut?

Ketika Anda jualan di Facebook, sebaiknya buatlah status yang mengundang interaksi dari teman-teman Facebook Anda. Contohnya, status mendoakan teman-teman di Facebook, memposting gambar sekaligus meminta komentar dari pengguna facebook lainnya dan sebagainya.
Adapun komposisi status jualan terbagi menjadi tiga yaitu :

  1. Jualan meliputi hard selling, soft selling, covert selling, story telling dan tabok selling.
  2. Edukasi meliputi tips, trik, cara, rekomendasi, anjuran, fatwa, video tutorial dan testimoni.
  3. Rame-rame meliputi kuis, tebak gambar, QnA, anda kamu bisa, survey, minta rekomendasi, tanyakan hal pertama, tanyakan masa lalu dan siapa yang punya/jual.

Saat Anda ingin berpromosi dengan menggunakan Facebook sebaiknya pilih jam-jam tertentu sesuai dengan target market Anda. Misalnya untuk target market para pengusaha maka Anda bisa memilih berjualan di FB saat pagi dan malam hari. Pastikan tidak terlalu sering membuat postingan jualan dalam sehari agar teman facebook Anda tidak bingung. Cukup 2-3 kali saja membuat postingan produk yang Anda jual. Sebaiknya antara akun jualan dan akun pribadi terpisah karena memiliki target market yang berbeda.

Demikianlah rangkuman materi dari Dosen Jualan, salah satu Pembicara Webinar Kewirausahaan nasional. Semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi teman-teman semua terutama yang ingin belajar berjualan melalui Facebook Organik.