Riset Produk Laris. Tulisan ini adalah hasil rangkuman dari live webinar Dosen Jualan bersama Bapak Suryadin Laoddang pada 12 Juni 2020. Tujuan materi dalam live webinar ini yaitu untuk membantu Anda mencari produk dan jasa yang layak Anda jual secara online. Layak dan sekaligus basis produknya tersedia sekaligus menjadi kebutuhan di kota domisili Anda. Riset produk dan jasa berbasis kota domisili ini berkaitan dengan materi webinar part 4 yang membahas tentang memilih target pasar. Juga selaras dengan webinar part 5 mengenai penggunaan kata kunci panjang atau pendek untuk riset produk.

Materi ini sangat cocok bagi Anda para pemula yang ingin memulai bisnis online tetapi masih bingung memilih produk yang tepat. Menurut Bapak Suryadin Laoddang, sebaiknya pilih produk yang dibutuhkan oleh target market lokal sekitar tempat tinggal atau domisili Anda. Target pasar produk yang Anda jual sebaiknya pilih dengan mengutamakan domisili Anda saat ini. Sehingga memungkinkan terjadinya transaksi COD. Selain itu, pembeli juga bisa mendatangi langsung lokasi bisnis Anda dan memungkinkan penambahan reseller bisnis tersebut.

Bagaimana Cara Riset Produk Laris Sesuai Kota Domisili?

Selama ini banyak orang yang belum mengetahui cara untuk meriset produk melalui kata kunci di google. Kebanyakan orang justru menggunakan kebiasaan ikut-ikutan produk yang sedang trend. Padahal produk tersebut belum tentu akan selamanya memiliki market yang bagus. Untuk itulah Anda membutuhkan riset yang mendalam. Terutama melalui google sebagai mesin pencari yang banyak dipakai oleh para pengguna internet maupun pelaku bisnis. Adapun yang bisa Anda riset melalui Google, bisa berupa barang atau jasa. Lalu jangan lupa untuk mengetikkan kota atau kabupaten target market Anda. Hal ini berlaku juga jika Anda ingin jualan produk digital.

Caranya dengan menggunakan mesin pencari atau Google. Caranya, silahkan buka google dan ketikkan kata “Jual Depok” maka google akan menampilkan berbagai rekomendasi kata kunci terkait kata kunci tersebut. Anda juga bisa mengetikkan “ Jual a Depok” maka akan muncul informasi tentang berbagai jenis produk yang dijual dan banyak dicari di Depok dengan awalan a. Lakukan cara tersebut memakai huruf a-z atau sesuai yang Anda butuhkan. Seperti jual ayam Depok, jual AC Depok, dan lain-lain. Selain itu, cara tersebut bisa Anda gunakan untuk berbagai nama lokasi atau kota/kabupaten.

Kalo Cara Riset Produk Terlaris di Shopee, Bagaimana?

Cara riset produk laris tersebut akan sangat membantu Anda dalam melakukan riset untuk menentukan jenis produk yang banyak pencarinya di sekitar Anda. Banyak produk yang bisa Anda kembangkan untuk jualan online. Apakah hasil rekomendasi google paling atas adalah kata kunci yang paling banyak dicari oleh masyarakat? Jawabannya adalah bukan. Kata kunci yang muncul di google merupakan kata kunci yang pernah terketikkan di google sejak tahun 2004 sampai sekarang. Biasanya kata kunci yang paling bawah adalah kata kunci yang mengalami pencarian lebih dari 1000 kali.

Data kata kunci yang mendapatkan rekomendasi oleh google sejak tahun 2004. Jadi tidak bisa serta mereta menjadikannya sebagai rujukan yang paling update. Tetapi untuk yang terupdate bisa menggunakan google trend. Kata kunci rekomendasi yang muncul pada baris 10 atas merupakan kata kunci yang dicari sepanjang masa oleh pengguna google. Bagi Anda yang ingin melakukan jualan yang berbasis lokal akan lebih efektif jika memanfaatkan juga Google Map atau facebook marketplace. Untuk google map, tambahkanlah dengan postingan yang berisi kata kunci.

Kata kunci yang muncul di google merupakan kata kunci yang pencariannya mencapai angkat 1000 kali pencarian, akumulasi sejak tahun 2004. Pencarian produk di google bisa Anda lakukan dengan tidak hanya memakai kata “ jual” tetapi bisa gantian dengan kata toko, stokies, grosir, gudang, agen, suplier dan sebagainya. Hasil pencarian pada google dapat di-scrap dalam bentuk database. Dengan cara buka Google lalu ketikkan kata kunci sesuai dengan keinginan. Pilih sebelah kanan bawah “laporkan prediksi yang tidak pantas” lalu copy semua kata kunci yang muncul lalu letakkan hasil copyan tersebut pada notepad atau buka commaseparator.dosenjualan.id lalu paste kata kunci pada kolom kosong halaman tersebut dan bagilah kata kunci dengan 5 atau 10 kata kunci.

Bagaimana untuk Riset Jasa?

Untuk cara risetnya, lakukan dengan membuka Google lalu ketikkan “ jasa Klaten” dan geser kursor Anda di dekat kata jasa lalu ketikan huruf a “ Jual a Klaten”. Lakukan cara ini seterusnya menggunakan huruf-huruf yang Anda inginkan mulai dari a-z. Maka google akan menampilkan berbagai jenis jasa yang paling banyak pencarinya di wilayah kota/kabupaten tersebut. Anda bisa membawa catatan kecil untuk menulis hasil pencarian pada google tersebut mana yang paling banyak muncul pada pencarian. Semakin banyak hasil pencarian dari jasa tersebut maka bisa Anda pertimbangkan untuk dikembangkan. Mungkin nantinya Anda akan bertemu dengan kata kunci jasa kelola website Yogyakarta.

Berdasarkan pengalaman Bapak Suryadin, banyak anak muda yang ingin memulai bisnis online dengan produk food, fashion dan fun dengan target market nasional yang luas. Sebetulnya target tersebut tidak salah tetapi akan lebih baik jika melakukan riset dengan target market di sekitar domisili tempat tinggal Anda. Sehingga peluang transaksi penjualan produk atau jasa juga semakin besar, berbeda dengan jika Anda menyasar pasar skala nasional yang tingkat persaingan dan jangkauannya lebih luas.

Menggunakan kata kunci untuk riset di google mungkin bagi sebagian orang merupakan hal yang baru. Bagi pemula yang belum pernah melakukan riset seperti ini, sebaiknya bisa mengikuti langkah-langkah dan saran dari Bapak Suryadin seperti di atas. Dengan semakin sering Anda melakukan riset kata kunci, maka Anda akan semakin familiar dengan kata kunci tersebut. Tentu hal ini akan sangat membantu Anda dalam mengembangkan hasil riset menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan.

Kesimpulan

Dari rekomendasi kata kunci yang sudah Anda peroleh, selanjutnya silahkan lakukan pertimbangan mana yang kira-kira memiliki peluang besar dan bisa berkembang di wilayah Anda. Perhatikan juga tingkat persaingan bisnis tersebut di wilayah Anda dengan jumlah kebutuhan atau permintaan masyarakat. Semakin tinggi tingkat persaingan dan jumlah permintaan yang tinggi, maka Anda harus siap untuk bersaing dengan para pelaku bisnis serupa. Namun jika produk atau jasa yang Anda tawarkan ternyata masih kecil pesaing dan jumlah permintaannya besar, sebaiknya segera kembangkan usaha tersebut sekarang juga.

Dalam memulai sebuah usaha memang sangat penting melakukan riset dan target pasar terlebih dahulu. Tanpa adanya riset maka usaha yang Anda kembangkan kemungkinan tidak bisa berkembang karena sepi peminat dan berakhir dengan gulung tikar. Melalui riset di Google, Anda akan sangat terbantu menemukan peluang bisnis yang berpotensi besar di masa sekarang dan yang akan datang. Selain itu, bisnis tersebut kemungkinan akan banyak pencarinya di tengah masyarakat terutama bagi mereka yang gemar berbelanja secara online maupun offline dengan sistem COD.

Jadi untuk memulai sebuah bisnis yang menjanjikan di masa sekarang maupun yang akan datang, sebaiknya lakukan riset produk laris atau jasa secara tepat melalui google. Demikian rangkuman live webinar ini saya buat, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.