Media Promosi Produk UKM saat ini seperti apa? Sudah banyak pelatihan UKM dan UMKM yang menjelaskan tentang ini. Tapi hanya sebatas Lips Service semata. Hanya wacana, tidak bentuk weujud nyata. Berbeda dengan program Dosen Jualan, yang selalu memberikan kesempatan UMKM Indonesia untuk mempromosikan produknya di Chanel Media Online milik Dosen Jualan Grop. Hadir kembali Dosen Jualan melalui akun-akun medianya untuk berbagi. Konsep berbagi yang unik untuk UMKM Indonesia. Berbagi yang sifatnya bukan charity, namun pemberdayaan. Dosen Jualan mengajak UMKM Indonesia untuk aktif promosikan produk jualannya via online, melalui siaran webinar Dosen Jualan secara FREE.

“Allhamdulillah kali ini kita tidak share ilmu-ilmu, trik-trik jualan online. No! No!, tentu tidak, bukan seperti itu. Tegas Dosen Jualan.

Hari ini juga saya ga akan review produk. Tidak akan review tools. Tidak akan review aplikasi. Tapi hari ini, seratus persen dua sahabat saya, akan saya ajak hadir live di webinar saya,” ujar Dosen Jualan memberikan prolog.

“Tujuannya satu,” sambil mengascungkan jari telunjuk mantap

“Aktivitasnya cuma satu, mereka yang mempromosikan produknya mereka. Gitu ceritanya temen-temen” lanjutnya dengan senyum bahagia

Yuk Bantu Promosikan Produk UKM Indonesia

Dosen Jualan juga mengajak partisipasi penonton live webinar dengan absen kehadiran. Hal ini tentu membuat penonton merasa mendapat manfaat atas kehadirannya. Beberapa penonton yang hadir, ternyata ada juga pengusaha UMKM. Kemudian secara spontan ingin mempromosikan produknya. Dosen Jualan, menyambut baik & merasa makin bahagia bisa membantu penjualan produk dalam negeri.

Promosi UMKM pertama, telah hadir Vita dari Kediri, Jawa Timur. Vita ialah Ibu muda dengan usaha fashion anak bayi hingga anak usia 13 tahun. Selain itu, ia juga gamis couple anak dan bunda serta sarimbitan keluarga. Kalau untuk gamis couple dan sarimbit keluarga, by order.

“Soalnya kan nyesuain customer maunya kayak gimana,” paparnya

Selama ini, Vita jualan melalui berbagai platform. Mulai dari Shopee, Tokopedia, Zilingo dll. Tak hanya jualan. Vita membuka peluang yang ingin gabung sebagai reseller. Peluang bagus yang bisa diambil. Apalagi langsung dari produsen.

“Silakan yang mau gabung, tanpa modal,” ucapnya mantap sambil memegangi kertas bertuliskan 12 digit angkat, 0822-5732-8888.

Vita kemudian melanjutkan dengan promosi produk jualanannya. Ada legging anak dengan harga mulai dari 14 ribu rupiah, belum harga grosir. Bahan legging agak tebal. Sehingga tidak mudah sobek dan jahitannya kuat tidak mudah lepas.

“Biasanya kalo orang beli, 1 kilo. Buat dijual lagi,” jelasnya.

“yang paling laris sekarang, waktunya corona, masker. Kemarin ada sekolah pesen masker kaos 2 lapis pake sablon, harganya 4 ribu. Karna pesennya 200 pcs.”

Media Promosi UKM lewat Live Webinar

Akhir sesi promosi Vitha, Dosen Jualan menegaskan kebutuhan akan promosi dengan gaya masa kini. Katanya, “Webinar ini memang tidak mudah ya, karna tidak semua orang terbiasa. Kita terbiasa bermainnya di balik layar. Tapi dunia sekarang berubah.”

“Salah satu efek corona ini, kita semua jadi melek dengan online dan bukan tidak mungkin ke depan gaya promosi produk umkm akan menggunakan gaya seperti ini. Kalo pembacaan saya selaku pelaku dunia marketing, nanti gaya promosi Indonesia akan seperti ini. Bisa suatu saaat kita pasang promosi di Facebook, Instagram, Marketplace, dan lain sebagainya, itu memang tetap ada. Tetapi perilaku masyarakat akan berubah ke gaya live streaming seperti ini nantinya,”

“Percayalah itu! Dan itulah salah satu alasan, kemudian saya bikin program-program ini agar terbiasa. Agar temen-temen terbiasa. Mbak Vita terbiasa. Mbak wiwid terbiasa dan lainnya juga terbiasa.

“Jadi, Anda harus belajar public speaking. Anda harus belajar ngomong, ngoceh di depan kamera, dan ini jauh lebih berat. Kalo saya pribadi, pembicara, trainer, saya biasa ngomong di depan banyak orang. Tapi kali ini, ngomong di depan layar laptop (dengan penekanan pada laptop). Nggak tau siapa di depan kita,”

Terkait public speaking, Dosen Jualan juga memberikan rekomendasi terpercaya untuk kita menimba ilmu dan berlatih.

“Saya rekomendasikan sekolah public speakingnya, Ganesha Public Spekaing punyanya mas Surya Krenandar di Bandung dan Surabaya. Lalu mas Iqbal Fais di Jogja. Mas Nugi Al Afghani di Jakarta. Ada juga Kakek Jamil di Jakarta juga. Temen-temen belajar di sana,”

“Sudah ada yang daftar itu mbak,” ucap Dosen Jualan yang disambut wajah berseri oleh Vita ketika di komentar Facebook ada yang menuliskan “Daftar”.

“Gak perlu nunggu sempurna untuk berbuat sesuatu,” pesan Dosen Jualan buat semua pemirsa.

Ada pula audiens facebook yang ikut berinteraksi dengan memberikan komentar, “Wah temen kuliahku sukses.. selamat vita.”

Media Promosi untuk UKM Nutrisi Otak

Promosi UMKM kedua, jualan suplemen nutrisi otak.

“Apa itu mbak nutrisi otak? Saya baru denger,” pancing Dosen Jualan. Sosok yang juga terkenal sebagai Guru Internet Marketing Indonesia

“Eeee,, ini yah, namanya OSB. Satu-satunya suplemen atau nutrisi otak anak. Ini, di dalemnya ini,” sempat terhenti karena teringat bahwa belum dipersilakan promosi.

“Eh, langsung iklan ya?” gumamnya pada diri sendiri dengan salah tingkah dan tersipu malu. Ketika akhir promosi, baru diketahui bahwa Ibu muda ini bernama Wiwin.

“Nggak papa, nggak papa,” ujar Dosen Jualan ikut tersenyum.

Kemudian ia melanjutkan promosi dengan semangat 45 khas darinya. Ia mengatakan bahwa dalam box produk tersebut ada bonus Compact Disc atau disingkat CD. CD berisikan metode terlarang menghafal cepat, terkait optimalisasi otak kanan anak, cara kerja otak, dll.

“Bunda sama Panda,” sapa Wiwin

“Kita sadari ya, bahwa anak itu kan butuh nutrisi yang baik untuk badannya. Tentu itu kita sadari. Cuman sebenarnya nggak hanya di badan aja. Selain itu juga butuh nutrisi otak anak yang tepat,” prolognya dengan arah pandangan sesekali ke samping menandakan ia membaca teks.

Bagi Dosen jualan pribadi, hal seperti itu bukanlah hal yang buruk. Itu justru kebaikan bahwa Wiwin telah serius mempersiapkan promosi produk UMKM suplemen otak anak miliknya. Selanjutnya dalam video webinar tersebut, Wiwin menjelaskan alasan produk itu menjadi kebutuhkan masyarakat, siapa saja yang cocok mengkonsumsi suplemen otaka tersebut, serta manfaat jika mengkonsumsi produk nutrisi otak tersebut, dll. Jika berminat, bisa hubungi Wiwin (Produk Nutrisi Otak Anak) di nomor 0851-0836-2333.

Terima kasih atas partisipasi Mbak Wiwin yang juga dengan sigap memanfaaat, media promosi produk ukm ini bersama Dosen Jualan.

Media Promosi untuk UKM Sambel Ireng

UMKM ketiga, yang juga memanfaatkan kesempatan live kali ini sebagai media promosi produk ukm adakah pengusaha UMKM sambel ireng, pak Arifin asal Banjarnegara. Selain pengusaha UMKM ia juga pengelola pondok pesantren di Banjarnegara, mulai dari play group hingga tingkat universitas. Kembali pada usahanya, produk sambel irengnya cocok sekali dinikmati sebagai untuk sajian berbuka maupun sahur.

“Ini ada temen makan nasi atau teman untuk lauk yaitu bumbu ireng Yusan. Bumbu ireng ini ada yang menyebutnya sambel ada yang menyebutnya petis dan sebagainya. Tapi yang jelas rasanya gurih, enak ya, nendang.,” ujarnya saat promosi

“Dan beberapa publik figur sudah pernah mencobanya seperti Tengku Wisnu dan Kang Dewa (Dewa Eka Prayoga) itu merasakan manfaat dari sini. Sekali ketika makan itu nggak selesei-selesai makannya, karna terus bertambah,” imbuhnya menegaskan kualitas produk andalan yang ditawarkan.

Tanpa disangka, istri dari Dosen Jualan membelikannya untuk santapan di keluarga pada Shubuh tadi. Keuntungan bagi Arifin mendapat testimoni secara live tanpa meminta.

“Itu enak, gurih dan nggak terlalu pedes juga. Standarlah. Jadi cocok yang nggak doyan pedes pun it’s okelaah,” ujar Dosen Jualan menyampaikan kenikmatan sambel ireng Arifin.

Dosen Jualan turut membantu menuliskan nomor kontak (Arifin) yang bisa dihubungi oleh audiens. Selain itu, Dosen Jualan juga minta kepada pak Arifin Sambel Ireng untuk diejakan. Barangkali ada penikmat channel Dosen Jualan yang kesulitan membaca di layar dan juga dalam rangka mengusahakan ramah pada teman-teman disabilitas yang tunanetra.

“Telpon atau WA, 0856 4016 2810,” eja Arifin, pengusaha UMKM Sambel Ireng dari Banjarnegara.

Harapan Terkait Webinar Free Promosi Produk UMKM

Akhirukalam, semoga program bermanfaat ini terus berjalan hingga semua produk UMKM terjamah. Meskipun terlihat kecil, ini merupakan langkah real untuk membantu Indonesia dengan memberdayakan UMKM dalam negeri. Bersama mari para semua tokoh, influencer, key opinion leader berjuang menjadi media promosi produk ukm.

Peribahasa Indonesia mengatakan, “Sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukti.”

Baginda Rasulullah SAW bersabda, “Amal (kebaikan) yang paling dicintai Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinus walaupun itu sedikit.”. Terima Kasih. Salam Sukses