Kok bisa ya,  selalu muncul Rekomendasi Teman Facebook di beranda Facebook saya? Asal Usulnya darimana yah?

Tulisan ini saya rangkum dari Live Facebook bersama Founder Dosen Jualan Suryadin Laoddang yang di share melalui akun Facebook beliau tanggal 21 April 2020. “Pernah nemu kan di beranda FB Anda, ada beberapa teman Facebook yang direkomendasikan untuk Anda? Itu dari dari mana ya asal usulnya yah? Kok mereka yang muncul, bukan yang lain? Apa penyebabnya mereka muncul di rekomendasi pertemanan Anda? Bisakah itu “direkayasa” agar cocok dengan target market Anda? Jawabannya bisa!” seperti penegasan dalam sharing live Webinar akun Facebook Suryadin Laoddang.

Setting Rekomendasi Pertemanan di Facebook

Video live webinar tersebut sangat cocok bagi para pebisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya secara online sekaligus mencari target konsumen melalui Facebook. Sudah sejak tahun 2007 lalu, Dosen Jualan telah menerapkan mengumpulkan teman FB dengan target market. Oleh karena itulah Bapak Suryadin Laoddang ingin berbagai ilmu sekaligus pengalaman berkaitan dengan FB marketing di tengah kondisi ekonomi yang tidak stabil dan pandemi corona saat ini. Tentang ilmu ini sudah menjadi materi utama Dosen Jualan di semua materinya Workshopnya, sewaktu masih aktif menjadi pembicara internet marketing nasional.

Awal mula live webinar dibuka dengan share mengenai tampilan Facebook beliau yang menunjukkan rekomendasi pertemanan di beranda FB. Namun karena akun FB beliau sudah full pertemanan maka rekomendasi pertemanan tidak muncul. Tetapi masih bisa diikuti oleh teman-teman yang ingin mengetahui postingan-postingan Bapak Suryadin Laoddang.

Lalu jika pertemanan FB anda masih belum penuh, bagaimana cara setting agar rekomendasi pertemanan muncul sesuai target market bisnis anda? Perlu Anda ketahui bahwa Facebook merupakan personal branding. Sebelum menerapkan pencarian rekomendasi pertemanan di FB maka anda harus menentukan terlebih dulu target market anda dengan cara memetakannya.

Cara menentukan catatan target market yaitu berdasarkan asal kota dan profesinya. Misalnya Kota Semarang dan profesinya adalah jualan online. Catat target market tersebut untuk mempermudah menentukan target market.

Asal Usul Rekomendasi Teman Facebook, Bagian 1

“Asal usul rekomendasi teman itu di facebook berdasarkan alogaritmanya. Itu sumbernya berdasarkan orang yang sudah terhubung dengan kontak email kita” kata Bapak Suryadin. Jadi lebih jelasnya asal usul munculnya rekomendasi pertemanan FB yaitu :

  1. Pengguna FB yang sudah terhubung dengan kontak email kita. Rekomendasi pertemanan facebook muncul berdasarkan email yang anda pakai untuk daftar facebook. Berdasarkan riwayat saat anda pakai untuk berbalas email dengan orang lain. Selanjutnya facebook akan merekomendasikan akun anda untuk memiliki pertemanan kepada para pengguna facebook yang mendaftar facebook menggunakan email dan pernah terhubung dengan email anda. Bila Anda mendaftar FB menggunakan email lama maka pastikan kontak dalam email merupakan target market anda. Jika memakai email baru maka sebaiknya biasakan rajin mengirim email dengan orang-orang tersebut.
  2. Pengguna FB yang sudah terhubung dengan kontak nomor hp Anda. Orang-orang yang memiliki riwayat kontak dengan nomor hp anda lalu saling menyimpan nomor tersebut maka secara otomatis facebook akan merekomendasikan pertemanan tersebut pada akun FB anda.
  3. Temannya teman Facebook Anda. Asal usul rekomendasi pertemanan berasal dari pertemanan facebook anda lalu facebook akan merekomendasikannya untuk anda.
  4. Member dari grup FB yang anda ikuti. Bila anda pernah bergabung dengan grup facebook maka member lain yang aktif dalam grup tersebut secara otomatis juga akan menjadi rekomendasi pertemanan anda di facebook.
  5. Pengguna FB yang satu kota dengan Anda (kota tempat tinggal). Facebook maka anda meminta untuk mengisi tempat tinggal anda. selanjutnya Facebook akan mencarikan rekomendasi pertemanan FB berdasarkan kota tempat tinggal anda.
  6. Pengguna FB yang satu kota asal dengan Anda. “Facebook akan membantu anda mencarikan pertemanan facebook yang merupakan orang-orang pengguna facebook yang pernah satu kota dengan anda” tambah Bapak Suryadin. Misalnya anda tulis di akun Facebook anda pernah tinggal di Kudus maka orang-orang yang tinggal atau pernah tinggal di Kudus akan direkomendasikan oleh FB muncul dalam rekomendasi pertemanan anda.

Asal Usul Rekomendasi Teman Facebook, Bagian 2

  1. Pengguna FB yang pernah satu almamater dengan Anda (SMA, SMK, MA, Pondok Pesantren, dll). Biasanya anda akan diminta oleh FB mengisi riwayat pendidikan kemudian FB akan mencarikan orang-orang yang pernah satu almamater dengan anda.
  2. Pengguna FB yang satu almamater di Perguruan Tinggi.
  3. Pengguna FB yang pernah kerja di perusahaan yang sama dengan Anda. Orang yang pernah bekerja di perusahaan yang sama dengan anda maka FB akan memunculkan akun FB menjadi rekomendasi pertemanan FB anda.
  4. Pengguna FB yang satu partai politik dengan Anda.
  5. Pengguna FB yang satu hobby dengan Anda.
  6. Penguna FB yang satu klub olahraga dengan Anda (Suporter). Misalnya sama-sama pecinta Arema Malang.
  7. Pengguna FB yang satu fans dengan tokok public figure dengan Anda.

Lalu darimana sumber untuk mengatur munculnya rekomendasi pertemanan seperti cara-cara di atas ?

Caranya silahkan buka terlebih dahulu akun FB Anda kemudian klik kolom tentang. Lihat di sebelah kiri kolom tentang, maka anda bisa mengatur hal-hal mengenai diri anda seperti tempat tinggal,pekerjaan, riwayat pendidikan, kota asal, kunjungan dan lain-lain. Isi semua data yang selengkap mungkin. Contohnya kota yang pernah anda kunjungi maka saat anda mengisi nama kota tersebut, Facebook akan merekomendasikan suggest lokasi yang pernah banyak dikunjungi. Hal ini akan berpengaruh besar pada rekomendasi pertemanan Anda.

Lengkapi Data Pribadi Anda di Facebook

Agar lebih banyak rekomendasi teman pada akun Facebook Anda maka tambahkan lebih banyak kota-kota yang memang pernah Anda kunjungi. Bila anda pernah berwisata ke suatu wilayah maka anda bisa memasukkan di kolom tempat yang pernah dikunjungi lalu pilih rekomendasi tempat yang paling banyak dikunjungi dan klik bagikan. Pastikan saat mengisi data-data pada kolom tentang, pengaturan tampilannya menggunakan pilihan publik agar lebih rekomendasi pertemanan untuk anda. Perhatikan juga saat mengisi data kolom tentang maka sesuaikan dengan target market Anda dan jangan asal mengisi.

Setelah selesai mengisi kolom tentang pada akun Facebook anda maka FB akan menyimpan informasi tersebut dan bisa anda lihat pada kolom tentang pada timeline FB Anda. Agar perubahan pengaturan kolom tentang tidak muncul pada timeline yang membuat penuh maka silahkan buka akun FB anda lalu klik tiga titik pada informasi perubahan tentang diri Anda. Lalu pilih menu sembunyikan.

Berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh Bapak Suryadin dapat disimpulkan bahwa semakin banyak anda mengisi informasi tentang pada akun FB maka akan semakin banyak rekomendasi pertemanan FB yang muncul pada beranda anda. Namun sebaiknya lakukan pengisian data tentang Anda pada FB bertahap dan tidak dalam satu waktu. Agar akun FB Anda tidak terblokir. Perhatikan juga target market bisnis Anda pada pengisian kolom tentang agar hasilnya lebih optimal dan semakin banyak rekomendasi pertemanan yang memungkinkan untuk memperluas jaringan bisnis Anda. Semoga bermanfaat tulisan rangkuman saya di atas dari live facebook bersama Founder Dosen Jualan Suryadin Laoddang. Coach Digital Marketing senior Indonesia saat ini.